Rabu, 04 Maret 2015

Gugus Bintang Omega Centauri


Gugus Bintang Omega Centauri- NGC 5139- atau C 80 adalah sebuah gugus bintang berbentuk bola yang berada di sekitar galaksi Bimasakti yang berjarak 15.800 tahun cahaya atau sekitar 4850 parsec. Walaupun terdengar jauh. Omega Centauri beranggotakan lebih dari 10 juta bintang dengan massa ekivalen dengan 4 juta massa Matahari.

Karena Gugus bola ini memiliki anggota dengan jumlah bintang-bintang yang sangat banyak, maka Omega Centauri menjadi satu-satunya gugus bintang bola terbesar dan tercerah di langit malam. Jika kita amati di langit tepatnya pada rasi Centaurus, Diameter Omega Centauri sebesar diameter Bulan purnama. Pada malam yang cerah, minim polusi cahaya serta tidak ada cahaya Bulan, ia terlihat seperti awan yang kabur dengan kisaran semu +3,7 – +3,9. Batas terbesar (paling redup) yang dapat ditangkap mata kita adalah +6,0, sehingga masih cukup terlihat untuk pengamatan mata telanjang.

Apa yang spesial dari gugus bintang ini? Ternyata, Omega Centauri digolongkan sebagai Galaksi Kerdil(Dwarf Galaxy) pada tahun 2008 seiring ditemukannya Intermediete Black Hole pada intinya. Black hole ini yang membuat bintang-bintang di sekitar inti berevolusi sangat cepat dibandingkan dengan bintang di gugus bintang bola lainnya.

Penasaran ingin mengamati Gugus Bintang Omega Centauri? Untuk mencari gugus bintang bola Omega Centauri tidaklah sulit. berikut ada 2 cara menemukan Gugus bola ini yakni dengan menggunakan bantuan rasi bintang Centaurus dan rasi bintang Crux:
Pemandangan langit malam saat rasi Crux dan Centaurus sudah tinggi di wilayah langit bagian selatan.


Sumber: http://kafeastronomi.com/omega-centauri.html
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar