Kamis, 12 Februari 2015

Tips Dasar Bermain Piano


Tips Dasar Bermain Piano

1.Latihan Akurasi Tekanan

Hal yang paling dasar dari dasar belajar kunci piano tentu saja menekan tuts piano. Untuk memperoleh nada yang baik, diperlukan tekanan yang pas antara jari dengan tuts piano. Latihan ini untuk mendapatkan tekanan jari yang pas serta hasil nada yang maksimal. Jangan terburu-buru untuk memainkan gerakan cepat. Latih dengan perlahan sampai mendapatkan gerakan menjadi sempurna.

2.Latihan Fingering


Latihan Fingering atau latihan membentuk jari merupakan hal yang sangat penting dalam menguasai permainan piano oleh seorang pianis. Dengan melatih jari agar terbiasa menekan tuts piano, maka lama kelamaan gerakan dan tekanan yang dihasilkan pun akan semakin luwes dan mantap. Dengan latihan yang rutin, maka gerakan sulit akan bisa dikuasai dengan mudah.

3.Kuasai gerakan

Koordinasi merupakan hal yang utama dalam belajar kunci piano. Terkadang sangat sulit bagi orang yang baru belajar piano untuk menyelaraskan gerakan diantara tangan kiri dan tangan kanan. Karenanya untuk menguasainya dibutuhkan berbagai macam latihan dengan gerakan yang berbeda-beda. Hal ini bisa dilatih dengan memainkan chord yang cukup rumit dan berbeda secara terus menerus.

4.Pengaturan Tempo

Ketika kita mendengarkan suara piano yang dimainkan oleh seorang pianis, sering kita merasa takjub dengan permainan yang dibawakan. Kadang berlangsung dalam tempo yang pelan, kadang sedang, lalu tiba2 meningkat menjadi cepat. Untuk menguasai hal tersebut diperlukan akurasi dan ketepatan dalam mengatur tempo. Dalam hal ini konsentrasi menjadi kuncinya. Latihan dengan meluangkan waktu untuk mengatur irama dan tempo bisa dilakukan untuk memperoleh feel agar dapat memainkan tempo dengan baik.

Selain beberapa Trik Belajar Kunci Piano diatas, terdapat pula hal yang penting untuk dikuasai dalam permainan piano yaitu permainan pedal kaki. Pedal yang terdapat di bagian bawah sebuah piano berfungsi untuk memberikan output nada yang berbeda dari suara yang dihasilkan oleh piano. Dari 3 pedal yang biasanya ada dalam piano, masing-masing bisa membuat nada yang dihasilkan menjadi berbeda. Penguasaan pedal dalam piano bisa dipelajari setelah garakan dasar dan tempo permainan dalam kunci piano telah dikuasai dengan baik.

Sumber: http://ngulik.co/trik-belajar-kunci-piano-secara-mudah/
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar